IGNews | Siak – Pemerintah Kabupaten Siak melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekda Kabupaten Siak menyelenggarakan Training Aplikasi SPSE Terpusat Untuk Pencatatan Pengadaan dalam Penanganan kondisi darurat Covid- 19 khususnya di peruntukan kepada PA/ KPA/ PPK.
Aditya Widyawan Prima S.Kom, M.Si, CCMs, CP.NLP selaku Trainer LPSE Siak menyampaikan, pelatihan di dasari Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang atau jasa Pemerintah beserta aturan turunannya, serta Surat Edaran Kepala LKPP Nomor 20 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pencatatan Pengadaan Darurat pada Sistem Pengadaan Secara Elektronik, dimana salah satu tugas dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).
“Penganggaran darurat di musim pendemi Covid- 19 ini, oleh pemerintah penggunaan dana nya di awasi secara ketat oleh lembaga terkait. Tujuannya agar dana itu di pastikan tepat guna, tepat sasaran. Tentu masing masing OPD, kecamatan dan Desa harus benar-benar tepat dalam penganggarannya. Karena itu banyak OPD ragu dan bertanya kepada kami, makanya kita taja pelatihan ini” ujar Aditya, di temui di ruang Training LPSE Siak kantor Bupati Siak, Kamis (19/11/2020).
Di jelaskan Adit, pengadaan barang atau jasa dalam penanganan keadaan darurat tidak dapat disamakan tata caranya dengan pengadaan barang atau jasa pemerintah secara umum ketika situasi stabil dan tanpa ada keadaan mendesak.
Tata caranya diatur di dalam Pasal 59 Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang pengadaan barang atau jasa pemerintah, bahwa penanganan keadaan darurat dilakukan untuk keselamatan atau perlindungan masyarakat atau warga negara Indonesia yang berada di dalam negeri dan luar negeri yang pelaksanaannya tidak dapat ditunda dan harus dilakukan segera.
“Jadi penganggran pada situasi mendesak seperti di musim pendemi Covid- 19 saat ini. Tidak ada tender untuk membeli APD atau yang berkaitan pembelian alat kesehatan. Ini di atur di dalam Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018” ulasnya.
Ia berharap hasil dari Training ini peserta, dapat memahami dan menguasai informasi dan tahapan serta prosedur terkait dengan pengadaan barang atau jasa dalam penanganan keadaan darurat ini meliputi perencanaan pengadaan,pelaksanaan pengadaan dan penyelesaian pembayaran.
Juga memberikan pemahaman kepada pelaku pengadaan yang bertugas melaksanakan pengadaan barang dan jasa dalam kondisi darurat Covid- 19 khususnya kepada PA/ KPA/ PPK.
“Kami berharap kepada semua peserta Training dapat menginput data dengan benar kedalam aplikasi yang sudah ada. Kepada peserta yang mengikuti training ini, dapat menyampaikan ilmunya kepada rekannopd lain. Jika menemui kendala bisa menghubungi admin kami” terangnya.
Pelatihan yang pesertanya berasal dari seluruh OPD dan kecamatan yang membidangi pengadaan barang dan jasa di masing OPD dan seluruh kecamatan se kabupaten Siak. Berlangsung selama tiga hari yang terbagi enam sesi dimulai senin lalu hingga rabu kemarin. Puji Efendi





Discussion about this post